Mengenal Beberapa Jenis Alat Bantu Pernapasan

Orang-orang yang memiliki gangguan pernapasan seperti asma, PPOK dan emfisema membutuhkan alat untuk membuat mereka dapat bernafas dengan normal dan dapat menjalani aktivitasnya sehari-hari. Tahukah kamu apa saja alat-alat itu dan bagaimana cara kerjanya? Berikut penjelasannya.


Tabung dan regulator oksigen

Tabung oksigen memiliki fungsi mengubah air menjadi oksigen. Oksigen dialirkan melalui selang menuju saluran pernapasan pasien melalui hidung atau mulut. 

Pada tabung oksigen, biasanya terdapat regulator oksigen untuk mengendalikan tekanan oksigen yang diberikan kepada pasien. Tabung oksigen memiliki tekanan yang tinggi, jadi alat tersebut dapat membantu keamanan pasien. 

Tabung oksigen portable

Dibandingkan tabung oksigen pada umumnya yang berukuran besar, tabung ini lebih kecil dan simpel. Tabung ini juga bebas dijual di apotek, sehingga dapat dijadikan P3K saat melakukan perjalanan. 

Oxygen concentrator

Oxygen concentrator adalah alat untuk menghasilkan oksigen dari udara bebas. Alat ini dapat meningkatkan kadar oksigen dalam darah. Cara kerja alat ini adalah mengambil udara bebas dan memisahkan nitrogen atau zat lain menggunakan filter yang ada pada alat tersebut. Kemudian, oksigen tersebut disalurkan ke pasien melalui selang. 

Oximeter

Oximeter merupakan alat bantu pernapasan untuk mengukur kadar oksigen yang ada pada darah. Alat ini terhubung dengan sensor yang berfungsi untuk mengukur kadar oksigen pada jari Anda. 

Nebulizer

Nebulizer merupakan alat untuk mengubah obat asma yang berupa menjadi gas. Gas akan dialirkan melalui selang menuju saluran pernapasan melalui hidung. Penderita asma akan langsung merasakan perubahan lebih baik setelah melakukan pengobatan ini. Nebulizer berfungsi untuk menghilangkan lendir yang ada pada saluran pernapasan agar penderita lebih mudah bernafas setelahnya. 

CPAP

CPAP atau Continous Positive Airway Pressure. Alat ini digunakan bagi penderita sleep apnea. Penderita sleep apnea memiliki kesulitan bernafas saat tidur karena terjadi penyumbatan atau pusat kendali pernapasan tidak stabil. 

CPAP dapat mengontrol tekanan udara secara konstan agar saluran pernapasan tetap terbuka, tekanan udara akan terus diberikan pada pasien saat dia tidur. Selain itu, alat ini dapat mengurangi pasien mendengkur. 

Aspirator atau suction machine

Aspirator atau suction machine merupakan alat untuk menyedot lendir atau cairan lain dari saluran pernapasan agar dapat bernapas dengan baik. Pasien akan diatur tekanan udaranya sebaik mungkin sehingga lendir dapat keluar dari paru-parunya.

Mengenal Beberapa Jenis Alat Bantu Pernapasan Mengenal Beberapa Jenis Alat Bantu Pernapasan Reviewed by Unknown on December 26, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.