Mengenal Beberapa Penyakit Gangguan Pernapasan

Gangguan pada sistem pernapasan umumnya disebabkan karena elainan atau penyakit yang menyerang organ sistem pernapasan pada tubuh. Penyakit ini muncul karena gaya hidup yang tidak sehat atau memang keturunan keluarga. Ada beberapa macam gangguan pernapasan, antara lain : 

Asma 


Asma adalah kelainan penyumbatan pada saluran pernapasan yang disebabkan karena alergi pada debu, bulu, rambut, es/udara dingin, dll. Asma juga bisa diartikan sebagai penyempitan saluran pernapasan atau pipa udara yang menyalurkan udara ke paru-paru. Beberapa gejala asma seperti sesak napas, napas mengi, batuk-batuk dan terlihat lesu. 

Bronkitis

Bronkitis adalah peradangan pada selaput lendir yang berasal dari saluran bronkial. Umumnya, bronkitis disebabkan karena bakteri, kebiasaan merokok, lingkungan yang kurang sehat ataupun asam lambung. Gejalanya seperti batuk berdahak, flu berkepanjangan dan terjadi pembengkakan pada kaki. Bronkitis termasuk diantara beberapa jenis penyakit paru obstruktif atau PPOK.

Asbestosis

Asbestosis merupakan penyakit yang disebabkan karena menghirup serat asbes sehingga terbentuk jaringan parut yang luas pada paru-paru. Penderita akan mengalami penurunan berar badan secara drastis, wajah membengkak dan sakit saat menelan. Sebaiknya, hindari merokok serta mengurangi kadar debu dan asbes. 

Sinusitis

Sinusitis merupakan peradangan pada rongga hidung bagian atas yang disebabkan karena infeksi gigi, bakteri, jamur, virus, stres ataupun kecanduan rokok. Biasanya penderita akan sering sakit kepala, ingus berwarna dan napasnya berbau tak sedap. Sebaiknya perbanyak mengonsumsi buah-buahan serta menjaga kekebalan daya tahan tubuh. 

Tuberculosis (TBC)

Tuberculosis adalah penyakit karena bakteri Mycobacterium Tuberculosis yang menyebabkan alveolus terdapat bintil-bintil sehingga difusi oksigen pun terganggu. Gejala umumnya seperti kehilangan napsu makan, demam serta batuk berdarah. Penderita TBC akan diberi vaksin BCG oleh dokter jika segera ditangani. 

Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA)

ISPA merupakan penyakit yang menyerang hidung, laring dan tenggorokan karena disebabkan oleh bakteri pneumokokus, rhinovirus dan adenovirus. Penderita ISPA akan sering kelalahan, tenggorokan sakit, demam tinggi dan kesulitan bernafas. Untuk mencegahnya, tetap menjaga kesehatan tubuh, perbanyak konsumsi vitamin C terutama menghindari rokok. 

Pneumonia

Pneumonia adalah radang pada paru-paru karena Diplococcus Pneumoniae karena alveolus dipenuhi nanah dan lendir sehingga oksigen kesulitan berdifusi ke darah. Penderita akan disarankan untuk menjaga pola hidup yang sehat serta diberi vaksin PCV
Mengenal Beberapa Penyakit Gangguan Pernapasan Mengenal Beberapa Penyakit Gangguan Pernapasan Reviewed by Unknown on December 12, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.